Selasa, 24 Juli 2012

Jika aku menjadi guru PPL (Edisi: Microteaching)



Sebelum di terjunkan jadi guru PPL, kita sebagai mahasiswa semester 7 punya seabrak kegiatan yang harus dilakukan, dari micro teachinglah, pembekalanlah, observasilah, ngajar lah (yang terakhir  ini emang tugas pokoknya jadi guru PPL).

Harus praktek micro teaching lagi dan lagi?, perasaan udah 2 semester terahir ini praktek begituan deh. Jadi kayaknya kalo harus praktek MT lagi buat prasyarat penerjunan ngajar PPL di rasa gak perlu ya, kan selang waktu 2 semester kalo cuman buat nyoba semua teknik dan metode yang ada di buku kuliah itu udah lebih dari cukup dan pastinya anak anak semester 7 bahasa ingris udah mumpuni deh soal cara ngajar yang bener. Kebetulan jurusan bahasa inggris emang udah 2 semester terakhir ini ada praktek MT di hampir semua jenis mata kuliah, dan emang gak ada mata kuliah khusus MT kayak di jurusan lain yang baru aja ada semester kemaren.  Tapi yaudah deh karena emang ada penilaiannya dan wajib, ya dilaksanken aja, kasian dosennya ntar kalo harus ngasih nilai fiktif dan malsuin tanda tangan presensi 13 mahasiswanya kalo andekan praktek MT ini gak dilakuin.

13 anak kejatah buat maju praktek cara ngajar sesuai sekolah yang akan mereka ampu, beda teknik, beda materi, beda cara ngajar, cuman satu yang harus pasti sama adalah, kita harus berpedoman sama SK/KD dari kurikulum sekolahan yang akan kita tuju nanti. Mulai deh milih SK/KD mana yang mau di praktekin, nentuin apa target of the text nya, milih cycle yang pas sama text nya, nentuin mau pake media apa ntar ngajarnya. Dan saya menentukan untuk ngajar recount text dengan skill membaca dan pake media power point, ya ini standart praktek MT yang biasa di lakuin mahasiswa sih, praktis dan gak buang banyak uang buat ngeprint materi.  

Giliran saya maju. kayak apa yang udah saya omongin sebelumnya tadi(anak bahasa ingris mah soal cara ngajar udah pasti cihui) bener kan, cara ngajar saya gak ada yang salah, alur ngajarnya juga gak loncat loncat, pilihan materi sama skill nya sesuai. Tapi sedikit ada yang agak salah sih emang, soal recount text nya, kalo dilihat dari judulnya, text saya itu bukan recount tapi descriptive tapi isinya bener teks recount kok(karena language feature nya menjurus ke text recount ketimbang descriptive ). Nahlo, udah semester 7 dan bentar lagi praktek ngajar, nentuin genre of the text aja masih kebingungan dan salah, gimana nasib murid muridnya ntar coba??!

Tenang – tenag jangan panik dulu, emang ada beberapa pasang text yang punya karakteristik hampir mirip, contohnya nih ya: recount – narrative, descriptive – report, hortatory – analytical,  3 pasang jenis teks itu emang hampir serupa tapi mereka gak sama. Dan lagian nih ya, kalo mau nentuin jenis text cuman di lihat dari judulnya aja itu agaknya kurang arif dan bijaksana, dan lagian juga nih ya, anak anak sekolah jaman sekarang ini udah jarang dapet pertanyaan (saat test)  soal teori mengenai genre of the text, maksudnya soal soal yang kayak gini loh: apa jenis teksnya, apa aja language feature nya, structure of the the text, tenses apa yang dipake di teks itu. Paling paling kalo ada soal teori genre of the text juga cuman di tanya soal social function of the text(buat apa teks itu di tulis) . Nah kalo udah gak jaman lagi  pertanyaan soal teori, jadi buat siswa udah gak lagi harus ngapalin teorinya, tapi lebih ke pemahaman isi text nya(comprehension) dan sering sering aja disuruh nulis.  Kalo toh ada pertanyaan teori soal social function of the text, secara gak langsung mereka juga harus memahami apa sih isinya teks itu, gak cuman liat dari judulnya aja kan. Okedeh, penjelasanya make sense, jadi MT  kali ini sukseslah.

Gini alur sederhananya:


jangan sekali kali di praktekin deh


yang ini boleh di coba dipraktekin



Sedikit review dari MT kemaren(soal text dan cycle yang cocok):
1. Procedure text: ini lebih cenderung ke aspek affirmatifnya (bukan kognitifnya), jadi banyakin aja di cycle speaking. Hindari buat aktivitas reading pake teks procedure, karena emang isinya gak padet2 banget. Bisa sih nyuruh mereka nyusun steps di procedure text, aktivitas kayak gitu bisa bantu mereka buat inget urutan di teksnya sama paham soal (lupa namanya, pokoknya tentang salah satu language feature di procedure text lah)
2. Descriptive text: kalo teks satu ini lebih baik buat ngasah kemampuan murid cas cis cus ngomong pake bahasa ingrris. Suruh aja mereka cerita tentang benda atau hewan kesayangan mereka, tapi kalo mau di buat cycle writing juga gak papa, itu buat permulaannya aja sebelum mereka bisa praktek buat speaking skill.
3. Narrative text: kalo narrative lebih cocok ke cycle reading, kenapa? Soalnya di narrative text itu isi teksnya padet, maksudnya di dalemnya ada banyak hal yang bisa di tanyain pake pertanyaan 5W+1H. Kalo udah berhubungan sama reading skill, maka udah pasti juga teks ini emang cocok untuk ngetes sejauh mana pemahaman siswa dalam menangkap makna  dari teks yang di berikan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar