Sebelum di terjunkan jadi guru
PPL, kita sebagai mahasiswa semester 7 punya seabrak kegiatan yang harus
dilakukan, dari micro teachinglah, pembekalanlah, observasilah, ngajar lah (yang
terakhir ini emang tugas pokoknya jadi
guru PPL).
Harus praktek micro teaching lagi
dan lagi?, perasaan udah 2 semester terahir ini praktek begituan deh. Jadi kayaknya
kalo harus praktek MT lagi buat prasyarat penerjunan ngajar PPL di rasa gak
perlu ya, kan selang waktu 2 semester kalo cuman buat nyoba semua teknik dan
metode yang ada di buku kuliah itu udah lebih dari cukup dan pastinya anak anak
semester 7 bahasa ingris udah mumpuni deh soal cara ngajar yang bener.
Kebetulan jurusan bahasa inggris emang udah 2 semester terakhir ini ada praktek
MT di hampir semua jenis mata kuliah, dan emang gak ada mata kuliah khusus MT
kayak di jurusan lain yang baru aja ada semester kemaren. Tapi yaudah deh karena emang ada penilaiannya
dan wajib, ya dilaksanken aja, kasian dosennya ntar kalo harus ngasih nilai
fiktif dan malsuin tanda tangan presensi 13 mahasiswanya kalo andekan praktek
MT ini gak dilakuin.
13 anak kejatah buat maju praktek
cara ngajar sesuai sekolah yang akan mereka ampu, beda teknik, beda materi,
beda cara ngajar, cuman satu yang harus pasti sama adalah, kita harus
berpedoman sama SK/KD dari kurikulum sekolahan yang akan kita tuju nanti. Mulai
deh milih SK/KD mana yang mau di praktekin, nentuin apa target of the text nya,
milih cycle yang pas sama text nya, nentuin mau pake media apa ntar ngajarnya. Dan
saya menentukan untuk ngajar recount text dengan skill membaca dan pake media
power point, ya ini standart praktek MT yang biasa di lakuin mahasiswa sih, praktis
dan gak buang banyak uang buat ngeprint materi.
Giliran saya maju. kayak apa yang udah saya
omongin sebelumnya tadi(anak bahasa ingris mah soal cara ngajar udah pasti
cihui) bener kan, cara ngajar saya gak ada yang salah, alur ngajarnya juga gak
loncat loncat, pilihan materi sama skill nya sesuai. Tapi sedikit ada yang agak
salah sih emang, soal recount text nya, kalo dilihat dari judulnya, text saya
itu bukan recount tapi descriptive tapi isinya bener teks recount kok(karena
language feature nya menjurus ke text recount ketimbang descriptive ). Nahlo,
udah semester 7 dan bentar lagi praktek ngajar, nentuin genre of the text aja
masih kebingungan dan salah, gimana nasib murid muridnya ntar coba??!
Tenang – tenag jangan panik dulu,
emang ada beberapa pasang text yang punya karakteristik hampir mirip, contohnya
nih ya: recount – narrative, descriptive – report, hortatory – analytical, 3 pasang jenis teks itu emang hampir serupa
tapi mereka gak sama. Dan lagian nih ya, kalo mau nentuin jenis text cuman di lihat
dari judulnya aja itu agaknya kurang arif dan bijaksana, dan lagian juga nih
ya, anak anak sekolah jaman sekarang ini udah jarang dapet pertanyaan (saat
test) soal teori mengenai genre of the
text, maksudnya soal soal yang kayak gini loh: apa jenis teksnya, apa aja
language feature nya, structure of the the text, tenses apa yang dipake di teks
itu. Paling paling kalo ada soal teori genre of the text juga cuman di tanya soal
social function of the text(buat apa teks itu di tulis) . Nah kalo udah gak
jaman lagi pertanyaan soal teori, jadi
buat siswa udah gak lagi harus ngapalin teorinya, tapi lebih ke pemahaman isi
text nya(comprehension) dan sering sering aja disuruh nulis. Kalo toh ada pertanyaan teori soal social
function of the text, secara gak langsung mereka juga harus memahami apa sih
isinya teks itu, gak cuman liat dari judulnya aja kan. Okedeh, penjelasanya
make sense, jadi MT kali ini sukseslah.
Gini alur sederhananya:
![]() |
jangan sekali kali di praktekin deh |
![]() |
yang ini boleh di coba dipraktekin |
Sedikit review dari MT kemaren(soal
text dan cycle yang cocok):
1. Procedure text: ini lebih
cenderung ke aspek affirmatifnya (bukan kognitifnya), jadi banyakin aja di cycle
speaking. Hindari buat aktivitas reading pake teks procedure, karena emang
isinya gak padet2 banget. Bisa sih nyuruh mereka nyusun steps di procedure
text, aktivitas kayak gitu bisa bantu mereka buat inget urutan di teksnya sama
paham soal (lupa namanya, pokoknya tentang salah satu language feature di
procedure text lah)
2. Descriptive text: kalo teks
satu ini lebih baik buat ngasah kemampuan murid cas cis cus ngomong pake bahasa
ingrris. Suruh aja mereka cerita tentang benda atau hewan kesayangan mereka, tapi
kalo mau di buat cycle writing juga gak papa, itu buat permulaannya aja sebelum
mereka bisa praktek buat speaking skill.
3. Narrative text: kalo narrative
lebih cocok ke cycle reading, kenapa? Soalnya di narrative text itu isi teksnya
padet, maksudnya di dalemnya ada banyak hal yang bisa di tanyain pake
pertanyaan 5W+1H. Kalo udah berhubungan sama reading skill, maka udah pasti juga
teks ini emang cocok untuk ngetes sejauh mana pemahaman siswa dalam menangkap
makna dari teks yang di berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar